#0619: Dyad Review

Informasi dalam cara menilai bisa lihat [disini]

Don't Starve

Dyad

Y. APDG: Dyad

Dengan kebosanan saya dengan game “hollywood” karena cuman mengutamakan visual effect dan cerita, yang mungkin serupa tapi tak sama secara berulang-ulang. Saya memulai mencari game yang unik di genre indie game. Mengingat saya suka game yang menantang dengan potensi sampai orang rage quit, saya mulailah tertarik dengan game Dyad. Game Dyad sederhananya adalah audiosurf dengan modifikasi yang membuat gamenya menjadi action dan racing daripada casual. Setelah saya membaca beberapa review dan melihat gameplaynya akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. Dyad juga memenangkan dalam Audio Design di IndieCade 2012.

Genre: Action, Indie, Running

Developer: ][ Games Inc

Release Date: 25 April 2013

Price: $14.99

Buy on [Steam]

Gameplay: Seperti yang disebutkan sebelumnya, gameplaynya menyerupai audiosurf dimana pemain bertugas untuk berinteraksi dengan lingkungan saat berbalapan. Interaksinya dapat berupa menghindari musuh ataupun penghalang pada saat berbalapan atau mencoba mengambil atau mengaktivasi disaat yang tepat agar semakin cepat. Pengendaliannya bisa dibilang cukup sulit, saat ini saya sudah mencoba dengan gamepad dan keyboard. Pergerakannya mengingat kan saya dengan Super Hexagon. Sayangnya, pergerakan biasanya dikendalikan dengan analog kiri yang seharusnya diganti oleh LB/RB, mungkin dengan pertimbangan durasinya yang lama maka dipilih penggunaan analog kiri. Penggunaan dengan keyboard lebih mudah dibandingkan dengan gamepad.

Visual Art: Satu hal yang menarik adalah bagaimana dinamisnya visual Dyad pada saat pemain memulai berinteraksi dengan pemain. Umumnya, visual dari lingkungannya sangat menarik dan unik sehingga membuat saya tidak bosan. Tapi ada saat kalanya, visualnya membuat pemain menjadi kesulitan untuk fokus terutama yang memiliki kekurangan buta warna parsial/penuh. Sejauh ini, Dyad memiliki visual yang mampu membuat para pemain mampu menikmatinya dengan durasi yang panjang.

Dyad gameplay

Sound & Music: Kelebihan Dyad adalah di Audionya. Musik yang dibentuk oleh game ini berdasarkan interaksi yang pemain lakukan dan progress yang sudah ditempuh oleh pemain. Meski bersifat eksperimental, bagi saya, hal tersebut menjadi menarik dan mampu dinikmati oleh pendengar yang tidak terbiasa dengan musik eksperimental.

Verdict: Dyad menyediakan gameplay yang serupa dengan Audiosurf tapi lebih menantang dan berpotensi untuk membuat pemain mengamuk dan menyelesaikan permainan secara paksa. Bagi para penggemar Audio dari game, Dyad merupakan pilihan yang cocok untuk dimainkan. Sayangnya, musik dari Dyad tidak bisa di kostumisasi, karena musik di Dyad tergantung dengan interaksi pemain. Bagi para penggemar game yang memiliki kelebihan dalam audio seperti Runner, saya sarankan untuk mencoba game ini. Dan pesan saya, jangan menyerah kalau belum coba 10000000000…. kali. LOL.