#0008: Jurnal Taruma, buku harian pribadi yang bersifat publik?

Selamat datang,

Blog ini akhirnya saya rilis dalam kondisi beta/tahap pengembangan. Saya berpikir jika saya tidak merilis blog ini sebelum kondisinya “selesai”, blog ini tidak akan pernah dirilis karena kata “selesai” dalam menulis dan membuat blog bisa dibilang “tidak mungkin”. Saya berusaha mengembangkan/developing sebuah blog baru ini, tidak akan kata “selesai” dalam menulis blog ini. Blog ini akan berkembang dalam bentu fungsinya (dari penulis) atau manfaatnya (untuk pembaca). Blog ini direncanakan akan rilis dengan sifat publik-terbatas, dimana semua orang bisa membuka blog ini tapi diperlukan pengetahuan akan eksistensi blog ini (Jika tidak ada kepentingan, anda tidak mungkin membuka blog ini. LOL). Blog ini bukan untuk khalayak umum dan bukan dijadikan sebagai informasi sesuatu yang pasti atau eksak. Malah, pada saat perencanaan, saya berpikir blog ini hanya bersifat pribadi. Tapi, setelah berpikir lebih jauh, saya berpikir apa ruginya berbagi pengetahuan yang terbatas dan pengalaman yang membosankan. Dengan menghilangkan dari daftar mesin pencari, berarti saya tidak mau terikat sama pembaca. Kecuali anda, berlangganan (subscribe RSS) dengan blog ini.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, blog ini masih dalam tahap pengembangan dan akan terus dalam tahap pengembangan.

Blog ini, sudah direncanakan sejak dari tahun 2008 (tepatnya sebelum masuk ke bangku perkuliahan) dengan fungsi awalnya memang terpusat pada merekam yang terjadi, atau lebih tepatnya buku harian. Tapi terkait waktu, niat, dlsb. Dengan sikap saya yang sok sibuk, rencana untuk membuat blog ini terundur sampai sekarang (Perencanaan bulan maret 2012). Kenapa baru sekarang? Yah, karena (mungkin) ini waktu yang tepat.

Gaya tulisan di blog ini akan bersifat pandangan pertama. Tidak ada yang namanya bersifat objektif, semua dalam blog ini bersifat subjektif. ARTINYA, semua yang saya tulis bisa salah menurut anda, tapi belum tentu salah di mata saya. Yah, memang rencananya saya akan tulis yang bersifat ilmiah atau penelitian. Tapi, semuanya tidak diverifikasi, bisa karena saya lagi malas atau sebagainya.

Identitas yang tertulis di blog ini akan saya (usahakan) untuk dirubah atau disensor. Waktu penulisan blog ini mungkin pada waktu malam hari, atau sesempatnya saya. Bisa saja dalam satu hari sampai satu tahun, blog ini tidak memiliki konten baru sama sekali.

#0008: Jurnal Taruma, buku harian pribadi yang bersifat publik?