#4101: Dan dimulai dengan kebimbangan dan kebingungan

Jurnal Taruma #4101: Dan dimulai dengan kebimbangan dan kebingungan

Jumat, 26 Oktober 2012

Hari selasa lalu, 23 Oktober 2012, saya sudah menghadap dan berbicara dengan dosen pembimbang (dan sekaligus dosen wali) mengenai rencana saya untuk mengambil skripsi di semester depan (genap, 2012/2013). Setelah berdiskusi kurang lebih satu jam, akhirnya muncul rencana bahwa saya akan mengembangkan program mengenai analisis frekuensi dalam bidang hidrologi. Bisa dibilang saya hanya tahu sedikit mengenai topik yang akan saya kembangkan nantinya (hehe). Tapi, tahu sedikit bukan berarti saya harus berhenti dan mencari topik lainnya. Entah kenapa, saya merasa yakin dengan topik ini meski jika ditanya mengenai konsepnya sendiri masih berantakan. Hahaha. When i face something that i don’t know for sure, i just need faith in what i want believe (or dream). Kalau dibilang berapa persentase keyakinan saya mengenai topik ini dan berhasil mungkin, sekarang, hanya 30%. Memang persentasenya dibawah rata-rata (nilai tengah dari persen keyakinan yang mungkin yaitu 50%), tapi keinginan saya untuk membuat suatu software atau program yang mampu memberikan kontribusi saya itu 100%. Akhirnya, sudah dipastikan saya akan mencoba dulu mempelajari topik yang saya ambil, yaitu analisis frekuensi.

Sometime, you just went with your gut.

Saya akan mencoba menjelaskan topik yang akan saya bahas “setahu saya”, jadi yang saya jelaskan bisa saja salah:

“Analisis Frekuensi” (Frequency Analysis), yang pertama kali terbayang oleh saya adalah dibutuhkan konsep probabilitas dan statistik untuk mencapai analisis dari sebuah rangkaian data yang bisa acak atau tidak. Probabilitas sendiri merupakan suatu konsep yang menjelaskan seberapa seringnya kejadian (event) muncul atau terjadi. Sedangkan statistik adalah ilmu yang digunakan untuk menganalisa atau memperhitung suatu hubungan antara data-data. Jadi, jika statistik itu lebih terkait ke pengolahan data, sedangkan probabilitas berfungsi memprediksikan sesuatu. Dalam bidang hidrologi, data-data tersebut dapat berupa curah hujan, dengan ilmu statistik kita bisa mengetahui hubungan antara data-data tersebut atau distribusinya, sedangkan dengan probabilitas kita bisa memprediksikan distribusi mana yang sesuai dengan data yang diobservasi.

Sejauh ini saya sudah membaca beberapa tulisan, salah satu yang menurut saya menarik adalah dokumen dari IHD (International Hydrological Decade) yang kebetulan saya temukan di internet via Google. Volume yang saya baca adalah mengenai “Hydrologic Frequency Analysis”. Dokumen tersebut membahas analisis frekuensi dalam bidang hidrologi dengan lengkap. Meski dokumen tersebut lebih mengutamakan konsep. Yang penting adalah dokumen tersebut mempelajari analisis frekuensi dari dasar, dimulai dari “Apa itu probabilitas?” “Apa itu statistik?” “Bagaimana penerapannya?” dll.

Buku pendamping yang disarankan oleh dosen pembimbing sudah saya pegang yaitu Frequency and Risk Analyses in Hydrology (entah aneh, kenapa “Analyses” dan bukan “Analysis”) yang ditulis oleh G.W. Kite. Selain itu, buku lainnya yang masih terkait mengenai analisis frekuensi adalah “Probability and Statistics in Hydrology” oleh Vujica Yevjevich.

Sampai saya menulis ini, yang sudah saya lakukan adalah membaca sebagian beberapa buku yang sudah saya unduh dan pinjam dari perpustakaan, dan masih dalam tahap “brainstorming”. Selain itu, saya masih memikirikan program compiler mana yang cocok untuk implementasi skripsi saya, apakah itu VB.Net? borland delphi? VB6? Yang pasti saya sudah mulai mengunduh Visual Studio Express 2012 yang direncakan untuk pengembangan program yang akan saya buat.

Akhir kata, saya masih bimbang dan bingung untuk implementasi dalam bentuk programnya. Hahaha.

-tarumainfo

#4101: Dan dimulai dengan kebimbangan dan kebingungan