#0830: Menyadari Interaksi Online di dalam Komunitas Gaming

Esai: Hipotesis Argumentatif Studi Komunitas Online Gaming
Estimated Reading Time: 20+ Minutes.

Mengingat entry #1582 dan #0300, banyak beberapa opini yang belum saya tuangkan perihal komunitas online gaming, secara spesifiknya di Indonesia. Di tulisan ini saya ingin mencoba untuk menganalisa atau berhipotesis ria mengenai perkembangan komunitas online gaming (Untuk selanjutnya, saya tulis “komunitas gaming” saja). Pada isu #1582, bisa dilihat seberapa negatifnya komunitas tersebut pada saat dilakukannya evaluasi sekarang. Nah, saya ingin menuangkan ide kenapa hal tersebut bisa terjadi. Tujuan tulisan ini adalah membentuk pemikiran baru atau mengembangkannya suatu komunitas online entah pada umumnya atau khusus dalam gaming. Dengan menyadari gaya berkomunikasi yang terjadi dan siklus yang berputar dalam komunitas online gaming bisa membuat komunitas tahan lama dan bertahan dengan sendirinya. Saya usahakan tulisan ini berdasarkan pemikiran rasional (sehingga mudah dipahami) ataupun referensi studi yang pernah ada dan yang sempat saya baca. hehe.

Sekitar dari tahun 2012 saya mengikuti komunitas online gaming di berbagai tempat, sebelumnya juga saya sudah pernah mengikuti komunitas online hobi dari blogger sampai tukang review film. Saya merasakan ada kecenderungan yang populer dalam hal mengembangkan atau memperluas komunitas dan gaya berkomunikasi pada komunitas gaming sekarang ini. Secara garis besar atau singkatnya (karena kalau mau detail bisa melebar ke bidang khusus setiap cabang topik), saya akan berbicara pengembangan komunitas, karakteristik individual di komunitas gaming, apa yang salah, dan karakter kesuksesan sebuah komunitas.

(Dan sebagai catatan, saya bukan akademisi di bidang terkait, jadi anda bebas mengkritisi habis-habisan tulisan ini, tentunya kalau komentarnya asal-asalan (tidak bersumber, tidak masuk akal), tidak akan saya respon. Terkadang opini dan referensi saya gabungkan campur aduk. Amannya, anggap tulisan ini semua adalah opini saya, ntar kalau dikontes pernyataannya, mungkin baru bisa kasih referensi yang sesuai. :).

Klik halaman berikutnya dibawah yah. :)

#0830: Menyadari Interaksi Online di dalam Komunitas Gaming