#1197: Crypt of Necrodancer Review

Crypt of the Necrodancer

Buy at Steam, Rp.115,999 (Diskon 25% -30 April – Rp. 86,999)

Game ini sangat menarik, menegangkan, menjengkelkan, menyenangkan, membingungkan, mengesalkan, dll. Game ini termasuk ke dalam jenis roguelike + rhytm game, yang gerakan/aksi di dalam permainan harus mengikuti ketukan musik (bpm/beat per minute).

Konsep roguelike-nya seperti umumnya, ada karakter yang bisa dikembangkan terus-menerus, procedural level generation, mengikuti format tile-based, dll. Yang bikin game ini berbeda adalah pengaruh musik ke dalam permainan. Setiap karakter bergerak dan beraksi berdasarkan ketukan dari musik, jika tidak mengikuti bisa langsung kalah, terserang musuh, dan kehilangan bonus. Jadi bisa dibilang ini memiliki alur yang cepat (fast-paced) karena kalau saat bermain kurang responsif terhadap musik, bisa sial. Tentunya ini agak berbeda dengan konsep roguelike yang biasanya bermain bergilir dan tidak real-time. Di Necrodancer, semuanya real-time dan fast-paced. Ngelamun sedikit = kalah.

Tingkat kesulitan game ini beragam. Yang jelas, bagi yang baru memainkannya pertama kali tidak langsung jago. Perlu memahami gerak-gerik dari musuh karena setiap musuh memiliki pola yang berbeda. Tenang, ada ruangan untuk melatih kamu menghadapi musuh-musuh spesifik. Kesulitan game ini bergantung musik yang dimainkan. Semakin cepat ketukan musik (bpm), artinya kamu harus semakin cepat merespon atau lincah dengan ketukannya. Navigasi di dalam game ini sederhana, hanya perlu 4 tombol/aksi yang berupa arah (atas, kanan, kiri, bawah). Item atau senjata yang memiliki kemampuan khusus merupakan kombinasi dari 2 tombol.

Menggunakan musik sendiri dimungkinkan di dalam game ini. Fitur tersebut bermanfaat bagi yang ingin dengerin musik yang sesuai selera. Lagu klasik atau yang bertempo lambat lainnya bisa digunakan, mungkin diatur lagi ketukannya jadi 1.5/2 kali lebih cepat (tanpa mengubah tempo). Karena kontrol dalam game ini sederhana, fitur lainnya adalah memainkan game ini dengan dancepad (yang biasa digunakan untuk dance-dance revolution). Jadi, bagi yang kebetulan punya dancepad dan ingin bergerak saat bermain game, yah gunakan dancepad saat memainkan game ini. Ada tingkat kesulitan sendiri saat memainkan dengan dancepad, biasanya tidak terpaku sama ketukan (easy mode) tapi tetap dimungkinkan untuk bermain dengan tingkat kesulitan yang biasanya.

Soundtrack.. amazing. Bagi yang mengikuti kerja dari Danny B. (Super Meat Boy, Canabalt, The Binding of Isaac) diwajibkan untuk mencoba mendengarkan musik dari game ini. Ada komponis lainnya yang ikut serta dalam game ini, hanya saja saya tidak familiar dengan pekerjaan mereka. Tapi mendengarkan musik didalam game ini, sangat mengagumkan. :D.

Bagi pecinta game berjenis roguelike dan rhytm, jangan sampai kelewatan mencoba game ini. :)

#1197: Crypt of Necrodancer Review