#9023: Update Akhir Tahun 2016

Sudah hampir satu tahun yang lalu blog saya terakhir kali diperbaharui. Banyak alasan sih kenapa blognya gak diurus. Entah tidak ada topik pembicaraan ataupun malas banget untuk menulisnya. Dan alasan tahun ini agak kelihatan keren, yaitu sibuk kerja. Haha. Meski itu alasan basi dan merupakan siratan dari “Saya tidak bisa atur waktu dan atur pikiran untuk mengisi blog ini”. Haha.

Jadi, Update 2016, mengacu pada format tulisan Update 2014, saya ingin menceritakan secara singkat dan sederhana apa yang terjadi tahun 2016. Tidak ada yang menarik untuk diceritakan ataupun diperbincangkan sih. Jadi, silakan bertahan membaca tulisan tanpa merasa kebosanan. Hehe.

Saya bekerja

Mungkin ini sorotan utama tahun ini, Taruma debut pertama tersandung ke dunia kerja. Banyak cerita yang saya berikan selama satu tahun bekerja. Hanya saja, pertimbangan pribadi, beberapa cerita saya tahan terlebih dahulu beberapa tahun kedepan. Yup, tulisan/draftnya sudah ada, cuman ditunda sampai 2-3 tahun kedepan. Haha. Nanti bisa dijadikan bahan perbandingan sebelum dan sesudah. Tapi saya masih akan menyempatkan diri after-effect setelah bekerja, yah mayoritas masalah pengembangan diri. Kalau bicara perusahaan, males untuk evaluasi tulisannya berulang-ulangnya.

Situs baru

Untuk situs baru sih, masih saya rahasiakan. Tapi konten situs baru hanya semacam portofolio dan resume online saja, yang bisa saya perbaharui dari waktu ke waktu. Dan semacam monitoring juga selama ini keahlian atau pengetahuan apa saja yang bertambah. Lagipula sekarang sudah jaman teknologi, keberadaan di dunia maya sudah diperhitungkan, dan mungkin beberapa tahun kedepan Resume online sudah mulai populer. Sama halnya dengan LinkedIn sih, hanya saja, lebih nyaman kalau memiliki situs pribadi dengan akses pribadi disertai kostumisasi yang bebas.

Saya juga sudah menyiapkan blog berbahasa inggris dengan topik diary. Kebanyakan kontennya hanya seputar curhat-curhatan gak jelas. Dan dua pos yang telah saya posting, saya menyadari sebetapa buruknya bahasa inggris saya. Hahaha. Blog tersebut juga sekalian melatih bahasa lain yang ingin saya pelajari. Saat ini, saya lagi tertarik bahasa korea, setidaknya sampai bisa baca Hangul-nya dulu.

Rencana pengembangan diri (self-development)

Sekarang saya sedang fokus ke pengembangan diri sebelum menginjak umur 30 tahun. Masih di kategori niat-niatnya belajar, dan saya harus memanfaatkan itu. Setelah itu baru pemantapan keahlian deh. Telat, tapi di jaman sekarang, luasnya wawasan masih memiliki dampak besar ketimbang tahu secara spesifik.

Nge-blog lebih rajin

Sekarang sudah saya rencanakan konten baru di blog ini setiap minggunya. Dan sudah ada beberapa draft yang sudah disiapkan. Rencananya saya akan publish setiap minggu di hari sabtu jam enam sore. Sekurang-kurangnya ada dua blogpost yang sudah disiapkan kedepannya. Dan panjangnya konten sudah ditentukan juga, jangan terlalu kependekan. Haha. Jangan mengurangi standar blog ini deh. Sekalian melatih pemilihan kosa-kata. Untuk bulan desember sudah saya siapkan konten “Resolusi 2017” dengan aspek pekerjaan, kehidupan, dlsbnya. Saya coba padatkan jadi 2 seri post.

Esai tahun 2016

Tahun ini rasanya tidak akan ada esai seperti Menyadari Interaksi Online di dalam Komunitas Gaming, tapi akan saya rencanakan untuk tahun 2017. Tulisan seperti itu makan waktu mingguan, bahkan bulanan. Karena standar penulisan dan kontennya agak berbeda sih. (#gayapisaneuy).


Oke deh, untuk tahun ini, rasanya cukup segitu saja. Tidak ada yang mewahkan, setidaknya di tahun 2017, hanya tinggal pelaksanaan, perencanaan untuk segalanya sudah harus matang dari tahun ini. Biar tidak menghabiskan beban pikiran hanya untuk yang tidak-begitu-darurat.

#9023: Update Akhir Tahun 2016

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s