Akurasi Tulisan Di Dalam Blog Ini

Hi! Kamu membuka halaman ini berarti anda penasaran dengan pos saya atau sekedar salah klik. Yah kalau salah klik gak ada salahnya baca informasi penting perihal blog ini. Kali-kali aja mampir ke sini lagi. Halaman ini hanya ditujukan untuk memperjelas kalimat “Tulisan ini merupakan jurnal dalam artian diari … … …” Langsung saja dengan penjelasannya.

Kita kan tahu informasi di Internet bisa benar atau tidak. Ada yang memang benar atau “kelihatan” benar. Saya ingin memberitahu untuk tidak selalu percaya langsung dengan informasi yang tersebar di Internet. Asumsi semisal di hack, di curi, jadul, atau apalah silahkan diterapkan. Intinya, jangan mudah sekali mempercayai informasi di Internet jika kredibilitas penulis atau situs tidak ada sama sekali. Jadi kalau dari situs pemerintah, anda percaya sih tidak jadi masalah. Atau anda kenal langsung dengan penulis, yah silahkan percaya. Tapi kalau Anda tidak mengenal saya pribadi, harap jangan mudah percaya.

Tentunya, bukan berarti saya menulis asal-asalan, dan kalau ada yang salah mengerti tulisan saya, yah masalah yang baca. Tidak. Saya selalu ingin menginformasikan hal menarik atau yang mungkin bermakna di hari lain nantinya tanpa mengurangi tingkat akurasi informasi. Saya akan usahakan untuk selalu melampirkan referensi yang saya gunakan. Tapi untuk referensi dalam seminar, saya biasanya ada rekaman suara yang tidak saya publikasikan. Jadi, tulisan saya bisa jadi memang benar dan bukan sekedar “kelihatan” benar.

Anda mau percaya dengan saya atau tidak itu masalah anda, tapi jika terjadi kesalahpahaman karena kutipan tulisan saya atau judul, yah masalahnya saya juga (meski saya juga bisa ambil langkah tak peduli). Tujuan blog ini memang menginformasikan apa yang saya tahu dan alami untuk menjadi bacaan publik. Tapi saya ingin membuat para pembaca lebih kritis tentang apa yang saya tulis. Selain kita bisa saling kenalan, kita juga bisa diskusi panjang lebar karena kita memiliki ketertarikan di bidang yang sama.

Mengapa saya sampai menuliskan hal ini, karena di Indonesia, dengan opini pribadi dan kacamata sendiri, yah saya menakutkan bahwa ada yang sengaja atau tidak sengaja mengutipkan salah satu tulisan dengan menghilangkan konteks atau makna atau gambaran besar dari yang dimiliki oleh tujuan penulis. Anggap saja dengan gaya tulisan seperti diari tidak memudahkan para akademisi untuk asal salin untuk melengkapi tugas rumahnya. haha.

Sekali lagi, tolong diamati dan dikritisi kembali yang saya tulis. Menemukan kekeliruan? kontak saya (hubungi saya dari beberapa jaringan sosial yang ada). Mau langsung? Isi kotak komentar. Ingin berdiskusi? gak usah ragu, kontak saja. Mau lewat jalur pribadi? Silakan isi formulir kontak dibawah.


 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s